Apr 17, 2018
142 Views
0 0

Semua Gugatan Terhadap Isdianto Ditolak

Written by

Batam (PorosMedia) – Penetapan H Isdianto sebagai Wakil Gubernur Kepulauan Riau semakin “kokoh”. Segala gugatan terharap proses pemilihan Isdianto sebagai Wakil Gubernur ditolah oleh PTUN Kepri.

“Alhamdulillah, sudah clear. Permohonan dari penggugat tidak diterima,” kata Edward Arfa, penasihat hukum Isdianto sesaat setelah mendapat kabar hasil putusan PTUN, di Sekupang, Batam, Senin (16/4) petang.

PTUN Kepri dalam sidang Senin (16/4) menolak gugatan yang diajukan terhadap proses pemilihan Wagub Kepri sisa masa jabatan 2016-2021. Pada amar putusannya, PTUN menyidangkan Perkara Nomor 27.

“Menolak permohonan penundaan SK Wakil Gubernur,” demikian bunyi putusan untuk Perkara nomor 27 yang ditandatangani hakim Fatimah, Abdurrahman dan Novita.

Di situ juga disebutkam bahwa DPW LIRA belum punya kedudukan hukum karena belum dua tahun sebagai penggugat. Di situ disebutkan juga bahwa DPW LIRA tidak dapat membuktikan kerugian apa yang mereka alami.

Majelis Hakim juga membuat keputusan untuk perkara No 28. Perkara ini adalah gugatan terhadap Ketua DPRD Kepri yang diajukan oleh PKB dan Fauzi Bahar atas Paripurna Pemilihan Wagub Isdianto.

“Menyatakan gugatan yang diajukan oleh penggugat tidak dapat diterima,” demikian amar putusan untuk Perkara Nomor 28.

Paripurna Pemilihan Wakil Gubernur Kepri dilaksanakan pada hari Kamis 7 Desember 2017. Paripurna itu dipimpin oleh Jumaga Nadeak yang juga Ketua DPRD Kepri.

Setelah penetapan itu, sejumlah pihak memang melakukan gugatan. Seiring dengan proses gugatan menjalani persidangan, Presiden Joko Widodo menerbitkan keputusan penetapan Isdianto sebagai Wagub Kepri.

Penetapan Isdianto sebagai Wakil Gubernur sisa masa jabatan 2016-2021 ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44/P/2018. Keppres itu ditandatangani Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Maret 2018.

Pada hari Kamis, 22 Maret 2018, kabar kepastian pelantikan Isdianto sebagai Wagub mulai tersebar. Hal ini setelah adanya pertemuan antara Mendagri Tjahjo Kumolo dengan Gubernur Nurdin Basirun, Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak dan Wagub terlilih Isdianto.

Usai pertemuan, Gubernur Nurdin bersama Dirjen Otda Sumarsono Ketua DPRD Jumaga Nadeak dan Isdianto menggelar konferensi pers di Kemendagri.

“Alhamdulillah, 27 Maret saya sudah ada wakil Gubernur,” kata Nurdin saat membuka konferensi pers di lantai dasar Gedung A Kementerian Dalam Negeri, Maret lalu.

Selasa, 27 Maret 2018, H Isdianto resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Presiden Joko Widodo untuk sisa masa jabatan tahun 2016-2021. Pengucapan sumpah jabatan pas saat jarum jam di Istana Negara menunjukkan angka 14.30 WIB.(Admin)

Sumber : https://humaskepri.id

Article Categories:
Kepri

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.