Nov 14, 2018
188 Views
0 0

Kecukupan 9 Bahan Pokok, Stabilitas Keamanan Jelang Natal dan Pemilu

Written by

Tanjungpinang (PorosMedia) – Gubernur H Nurdin Basirun menegaskan, bahwa semua stakeholder harus berperan aktif dalam menjaga semua kebutuhan masyarakat di Kepri secara merata. Apalagi menjelang perayaan Natal dan tahun baru yang kemudian dilanjutkan dengan memasuki tahun politik.

“Kita terus berupaya menekan inflasi dengan mempertahankan harga sembilan bahan pokok agar tidak naik supaya perekonomian tetap stabil,” ujar Nurdin saat memimpin rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Provinsi Kepri di Rupatama Lt.4 Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Selasa (13/11).

Menurut Nurdin, dengan tidak melonjaknya harga kebutuhan serta diiringi dengan kecukupan stok barang maka hal ini dapat mengurangi resiko gejolak yang terjadi tengah-tengah masyarakat.

“Apalagi saat natal dan tahun baru, pasti kebutuhan akan semakin meningkat,” lanjut Nurdin.

Secara merata, dilanjutkan Nurdin bahwa semua kebutuhan masyarakat di seluruh pulau-pulau harus tersalurkan. Apalagi semua barang sebagian besar di distribusikan melalui angkutan laut.

“Ini menjadi tugas yang harus di fokuskan kepada pihak kelautan agar dapat teliti dalam menghadapi musim utara, jaga keamanan dan kenyamanan masyarakat kita yang sebagian besar bertransportasi dengan menggunakan laut,” tambah Nurdin.

Menjelang Tahun Pemilu, Nurdin juga meminta semua pihak untuk merapatkan barisan, bersama untuk mensukseskan pesta demorkasi berjalan damai dan aman di Kepri.

“Jangan sampai terjadi gesekan-gesekan yang malah berakibat buruk bagi daerah, kita tentu ingin kondisi keamanan dan kenyamanan dapat dirasakan masyarakat,” kata Nurdin.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Burhanuddin mengatakan bahwa secara periodik setiap harinya, tim terstruktur telah melakukan pemantauan dilapangan bersama-sama dengan satgas Kapolda untuk meninjau kecukupan barang serta stabilitas harga.

Burhanuddin melaporkan bahwa untuk Kabupaten Natuna dan Anambas, harga bahan pokok dalam keadaan stabil dan stok tercukupi, namun mengantisipasi angin utara yang bisa menghambat distirbusi barang, Kadis mengatakan akan segera berkoordinasi dengan pihak perhubungan.

“Tujuan pemantauan kita dilapangan adalah salah satunya agar para pengusaha tidak menimbun dan tidak memanfaatkan situasi, satgas akan terus memonitor agar kondisi aman dan terkendali,” lapor Burhanuddin.

Dalam pada itu, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema juga berharap kondisi lapangan sesuai dengan harapan semua masyarakat Kepri.

“Kami sependapat dengan Pak Gubernur, langkah Sidak kelapangan bertujuan dalam rangka menjaga stabilitas dan kejelasan serta tentunya keberadaan pemerintah benar-benar dirasakan masyarakat,” kata Danrem Gabriel.

Selain itu, kebutuhan lain juga menurut Danrem tetap menjadi atensi semua pihak terkait, terutama menyongsong akhir tahun, kondisi transportasi dan keadaan cuaca menjadi perhatian semua pihak terkait.

“Apalagi masyarakat menggunakan sebagian besar transportasi laut, kita ingin semua dalam kondisi aman dan nyaman semalam berlayar di laut Kepri,” lanjut Gabriel.

Kajati Kepri Asri Agung Putra juga mendukung setiap langkah yang akan diambil oleh Pemerintah terkait menjaga keamanan dan kecukupan stok barang kebutuhan pokok masyarakat yang ada di Kepri.

“Kita tetap satu tujuan yakni untuk mencapai kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi,” kata Asri.

Asri melanjutkan, terkait menghadapi Tahun Pemilu, pihaknya telah menugaskan beberapa jaksa untuk mengantisipasi laporan-laporan terkait dinamika yang terjadi dilapangan.

“Tentunya kita tetap koordinasi dengan pihak Kepolisian dan Bawaslu agar situasi tetap aman dan kondusif,” lanjut Asri.

Tampak Hadir pada kesempatan tersebut Danlanud RHF Kol Pnb M Dadan Gunawan beserta sejumlah perwakilan FKPD lainnya, Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah, Asisten II Syamsul Bahrum, Kepala Badan Kesbangpol Lamidi, Kepala Biro Pemerintahan Haryono dan Kepala Biro Pembangunan Aries Fhariandi.(Hum/red)

Sumber : https://humaskepri.id

Article Categories:
Kepri

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.