Feb 14, 2018
167 Views
0 0

Agar Ekonomi Semakin Terpacu dan Terpicu

Written by

 

Tanjungpinang (PorosMedia) – Gubernur Kepulauan Riau H. Nurdin Basirun mengatakan salah satu kunci untuk meningkatkan perekonomian di suatu daerah adalah infrastruktur. Infrastruktur jalan, pelabuhan, listrik dan lainnya jika terkoneksi dengan baik maka merupakan jaminan mutu dalam pengembangan ekonomi di dalam suatu kawasan. Oleh karena itu, percepatan pembangunan jalan Lingkar di Tanjungpinang dan Bintan akan mendapat dukungan penuh.

“Ini adalah tugas dan tanggungjawab besar bagi kita untuk membangun jalan lingkar. Selain sebagai antisipasi kemacetan yang akan terjadi pada masa mendatang, jika jalan ini jadi makan multiplier effectnya akan sangat terasa pada peningkatan perekonomian,” ujar Nurdin menunaikan Safari Subuh di Masjid A Hidayah, Dompak Lama, Tanjungpinang, Selasa (13/2).

Usai dari Masjid Al Hidayah Nurdin langsung bertolak ke Jakarta untuk pertemuan pengembangan kawasan di Batam.

Menurut Nurdin, jika jalan ini telah dibangun maka akses dari Bintan ke Tanjungpinang menjadi lebih dekat. Begitu juga pariwisata di Bintan akan menjadi tambah bergairah dan juga berdampak positif pada perkembangan perekonomian Tanjungpinang.

Apalagi kalau Jembatan Batam-Bintan juga dapat dikerjakan maka arus perputaran barang dan uang akan semakin besar karena konektivitas ketiga daerah ini. Konektivitas seperti ini akan membuat pemerintah optimis, pertumbuhan ekonomi daerah bisa diatas perekonomian nasional dengan cepat dapat terwujud.

“Tentunya dengan keterbatasan dana yang kita miliki maka pembangunan ini tidak bisa dilakukan sekaligus. Saya akan coba berkoordinasi dengan pihak pusat agar membantu pembangunan infrakstruktur di daerah juga dibantu dari dari APBN. Apalagi kita di wilayah terdepan yang berbatasan langsung dengan berbagai Negara sudah sepantasnya memiliki infrastruktur yang baik agar tidak semakin tertinggal dengan Negara tetangga,” ucap Nurdin.

Untuk mempercepat pembangunan proyek strategis ini, Nurdin menghimbau agar Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepri segera berkordinasi dan melakukan sinkronisasi pembangunan bersama pemerintah daerah setempat.

“Untuk Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepri agar segera melakukan koordinasi dan sinkronisasi dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Hal ini diperlukan agar tidak terjadi tumpang tindih lahan dan infrastruktur yang dibangun oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Tanjungpinang yang diperuntukkan bagi masyarakat,” ujar Nurdin.

Sementara itu pada kesempatan terpisah Penjabat Walikota Tanjungpinang sangat berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang turut andil untuk penataan dan pengembangan Ibukota Provinsi ini. Tentunya jalan lingkar ini merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi kemacetan yang mungkin akan terjadi beberapa tahun ke depan di Tanjungpinang.

“Dengan APBD yang dimiliki Kota Tanjungpinang saat ini, maka sangat sulit bagi kami untuk melakukan pembangunan oleh karena itu kami sangat berterimakasih kepada Gubernur dengan rencana pembangunan Jalan Lingkar sebagai bentuk dan upaya pemerintah dalam mewujudkan penataan kota yang lebih baik, “ ujar Raja Ariza yang juga merupakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kepri.

Dalam pada itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Kepri menjelaskan bahwa pada tahap awal pembangunan jalan lingkar akan dimulai dari pelabuhan Sri Bintan Pura sampai ke Batu Hitam.

“Pada tahap awal pembangunan jalan lingkar ini akan kita mulai dari Pelabuhan Sri Bintan Pura hingga ke daerah Batu Hitam. Jika ada ketersediaan dana lebih maka akan dilanjutkan hingga ke Jembatan 1 Dompak. Namun pengerjaan proyek ini akan dilakukan setelah mendapatkan persetujuan dari Pemerintah Kota tentang Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) dan analisis Amdal,” ujar Abu Bakar.(Hum/red)

Article Categories:
Kepri

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.